Sabtu, 13 September 2014

Batang Tarandam Kerajaan Minang

Batang Tarandam Kerajaan Minang
Situs Batang Tarandam Kerajaan Minang ini dibanguan atas rasa kebersamaan dan mengenang kejayaan kerajaan pagaruyung yang pernah berkuasa dan berjaya di bawah kepemimpinan/pemerintahan Raja Adityawarman. Darah serta semangat seorang Raja yang telah berhasil memberikan keamanan, keadilan, serta kemakmuran rakyat di masa pemerintahannya,  sampai saat ini tentu ada yang mewarisinya. Setiap orang yang akan peduli dan sepenuh hati ingin memperjuangkan kembali kejayaan serta kemakmuran itulah para ahli waris dari semangat dan kearipan Yang Mulia Raja Adityawarman.

Kejayaan Kerajaan Pagaruyung Di Bawah Kepemimpinan Raja Adityawarman

Setelah masa Adityawarman, dilanjutkan oleh pemerintahan masa Ananggawarman. Pada masa pemerintahan kedua raja ini, Kerajaan Pagaruyung memasuki masa kejayaannya. Terbukti dengan bertumbuh pesatnya kemakmuran masyarakat pada masa itu dan juga berkembangnya usaha pertanian rakyat secara signifikan. Selain itu, daerah Sumatera Barat juga sempat menjadi pusat pendulangan dan perdagangan emas. Adapun bukti dari keemasan Kerajaan Pagaruyung lainnya adalah berkembangnya jalinan kerjasama antara Kerajaan Pagaruyung dengan kerajaan-kerajaan lainnya.

Seperti Kerajaan Talu di Pasaman Barat, Kerajaan Kumpulan di Pasaman Timur, Kerajaan Panai di Padang Lawas dan puluhan kerajaan lainnya. Bahkan kerjasama itu tidak hanya terjalin dengan kerajaan-kerajaan yang ada di daerah Sumatera Barat semata, melainkan juga kepada Kerajaan di luar Sumatera Barat, seperti Kerajaan Seribu Dolok di Tapanuli, Kerajaan Gunung Sahilan di Riau, Kerajaan Lubuk Kepayang di Jambi, Kerajaan Sungai Limau di Bengkulu, Kerajaan Gowa Tallo di Sulawesi Selatan, Kerajaan Sumbawa dan Ternate dan juga Kerajaan Negeri Sembilan di Malaysia.

Selain Negeri Sembilan di Malaysia, tentunya kerajaan Pagaruyung juga sudah pernah menjalin hubungan dengan berbagai kerajaan yang berada di Negara lainnya. Raja Adityawarman memerintah dari tahun 1347 dan pernah mengirim utusan ke Cina sebelum meninggal dunia pada tahun 1375. Berikutnya sebagai penganti adalah anaknya yang bernama Ananggawarman yang diketahui dari Prasasti Batusangkar. Dari Prasasti Suruaso yang beraksara Melayu menyebutkan Adityawarman menyelesaikan pembangunan selokan untuk mengairi taman Nandana Sri Surawasa yang senantiasa kaya akan padi yang sebelumnya dibuat oleh pamannya yaitu Akarendrawarman yang menjadi raja sebelumnya, sehingga dapat dipastikan sesuai dengan adat Minangkabau, pewarisan dari mamak (paman) kepada kamananakan (keponakan) telah terjadi pada masa tersebut.

Agar kehidupan rakyat minang kabau kembali dalam kemakmuran maka diperlukan dukungan dan persatuan yang kuat. Kami sangat yakin banyak penduduk minang kabau yang memiliki ilmu dan kemampuan yang tinggi, tidak dipungkiri lagi saat ini rakyat Kerajaan Minang  tersebar ke seluruh nusantara. Hal ini berkat salah satu ilmu yang tersebar saat ini yaitu ilmu kuliner.

Masakan Rendang Merupakan Ilmu Kuliner Dari Kerajaan Minang

Indonesia adalah negara yang kaya akan wisata kuliner, baik kuliner daerah maupun kuliner modern. Kuliner – kuliner tersebut berasal dari seluruh wilayah di Indonesia. Salah satunya adalah Masakan Padang yang berasal dari Sumatera Barat. Masakan ini cukup menggoda lidah nusantara, walaupun dari segi harga dapat dibilang cukup mahal. Terbukti dengan adanya Restoran Masakan Padang di seluruh Indonesia, baik dari Sabang sampai Merauke.

Salah satu menu yang terkenal dari Masakan Padang adalah rendang, sebuah menu yang terbuat dari santan yang dikeringkan dan dicampur dengan daging sapi. Selain bahan utama tersebut, juga ditambahkan campuran bumbu – bumbu yang terdiri dari cabai, lengkuas, serai, bawang dan aneka bahan – bahan lainnya. Menu ini sangat digemari oleh konsumen baik dari Indonesia maupun luar negeri. Sehingga pada tahun 2011 Rendang ditetapkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar “World’s 50 Most Delicious Food” melalui jejak pendapat pendapat internet yang digelar oleh CNN Internasional. Adapun contoh menu Masakan Padang yang lain adalah Soto Padang. Menu yang satu ini terbuat dari daging sapi, tulang iga, dan kuahnya yang dicampuri berbagai bumbu – bumbu masakan. Adapun ketertarikan konsumen terhadap soto padang tidak kalah dengan rending.

Itu adalah salah satu contoh dan bukti kecil saja dari sekian banyak kelebihan rakyat Kerajaan minang lainnya. 

Batang Tarandam KERAJAAN MINANG

Saat ini kami ingin membangkitkan kembali Marwah Batang Tarandan Kerajaan Minang, dengan terbentuknya Kerajaan minang ini tentunya kita akan lebih mudah untuk:
  1. Mendapatkan Otonomi Khusus Kerajaan Minang dalam wadah Negara kesatuan republik Indonesia.
  2. Melindungi temuan baru yang akan terungkap, salah satunya menemukan kerajaan minang yang gaib dengan Mahkota yang sakti.
  3. Menetapkan sekaligus mengembalikan kemakmuran untuk seluruh rakyat Kerajaan minang
Melalui halaman ini kami sampaikan Undangan Terbuka Untuk Umum:

Kepada seluruh pangeran kerajaan minang kabau dimana saja berada, untuk dapat hadir dalam acara peresmian otonomi khusus kerajaan minang dalam wadah NKRI. Bertuan dinegeri sendiri di bawah payung maha raja di raja Istana Pagaruyung.

Contac Person informasi : 0778 7339174

Sebelumnya silakan baca: Syarat Dan Spesifikasi Menjadi Relawan Pengangkatan Marwah Batang Tarandam Kerajaan Minang

Datok Aghas Hijaoe Terima kasih sudah Mengunjungi Situs Relawan Membangkitkan Marwah Batang Taranda Kerajaan Minang ini. "Bertuanlah Di Negeri Sendiri", maka semua yang sudah berkunjung langsung kami daulat menjadi Tuan di situs ini. Sebagai Tuan Di Negeri sendiri, segera bagikan informasi ini kepada seluruh rakyat Minang Kabau di mana saja berada. Sebarkan Link ini:  http://goo.gl/FYBbrJ  melalui berbagai Media Sosial (FB, Tweeter, Google+, BBM, dll). Jayalah Kerajaan Minang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar